MATASA(Masa Ta’aruf Siswa) MI AL-IKHLAS




A. LATAR BELAKANG

Dalam beberapa dekade ini, pendidikan selalu menjadi sorotan utama oleh berbagai kalangan khususnya dalam penerapan proses pendidikan secara keilmuan maupun non keilmuan. Pendidikan merupakan sebuah proses terus menerus selama manusia hidup. Dalam hal ini proses pendidikan tersebut dikategorikan menjadi dua jenjang yaitu jenjang formal dan non formal. Dalam dunia  pendidikan formal  (sekolah) terdiri  dari berbagai  jenjang  yang merupakan perbedaan tingkat yang   akan diampuh oleh anak sesuai dengan ketentuan pemerintah. Tiap–tiap jenjang  tersebut mempunyai  ciri-ciri  khas  yang  membedakan nya dengan jenjang pendidikan lainnya. Strategi dalam penyampaian materi tentunya disesuaikan dengan tingat perkembangan kemampuan mentalitas psikologis anak   didik. Adanya ciri khusus pada jenjang pendidikan,menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang dikenal pada jenjang terkadang membawa dampak pada perkembangan sikap pada jenjang selanjutnya. Oleh sebab itu harus adanya perubahan dengan meninggalkan kebisaan-kebiasaan dan diberikan pendidikan yang sesuai dengan lingkungan civitas akademika yang baru.sebagai upaya   adaptasi dengan perkembanga mental dan psikologis anak didik.Seiring berjalannya waktu,dalam rangka memasuki tahun ajaran baru 2023/2024. Maka dari itu diperlukan adanya Penerimaan Siswa Baru.Untuk menyambut kehadiran para siswa-siswibaru ini, diperlukan adanya pengenalan mereka   terhadap lingkungan nya yang baru di  MI Al-Ikhlas Pondok Gede.Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan Masa Ta’aruf Siswam (MATASA).Masa Ta’aruf Siswa (MATASA)  ini diisi  dengan sosialissasi nilai-nilai sosial, dan pegenalan lingkungan Sekolah. Sehingga siswa-siswi baru ini akan lebih terbiasa dilingkungan.Dan memandu siswa baru dalam beradaptasi pada lingkungan baru,sekaligus membantu memfasilitasi siswa baru untuk nyaman dan kerasan di lingkungan barunya.

B. TUJUAN KEGIATAN

1. Tujuan Umum

a. Pada dasarnya kegiatan Masa Ta’aruf Siswa bertujuan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada siswa baru tentang lingkungan sekolah nya yang baru. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang  menggembirakan sambil  mengenal  dan  mempelajari suatu yang  baru,baik   yang  berkaitan  dengan  lingkungan   fisik,   lingkungan   sosial   (termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah barunya dengan polapembelajaran yang baru)

2. Tujuan KhususSecara lebih khusus Masa Ta’aruf Siswa bertujuan :

a. Membantu siswa mengenal lebih dekat dengan lingkungan pendidikan sekolah yang baru, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif.

b. Mendorong siswa untuk bersikap proaktif dalam mengenali para guru,karyawan dan kakak – kakak kelasnya, sehingga ia merasa lebih aman dan nyaman sehingga terciptanya rasa persaudaraan.

c. Membantu siswa baru agar mampu beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah,lingkungan   sekolah,mengetahui hak dan kewajiban serta  mampubertanggung jawab dalamkehidupan sekolah.

d. Mendorong siswa untuk memulai kebiasaan belajar bersama, berkelompok melalui diskusi.

e. Memotivasi siswa agar merasa bangga terhadap sekolah yang dipilih nya sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan – aturan sekolah yang barudengan baik

.f. Menyadari akan menjaga nama baik dan memberikan kontribusi yang positif baik secara internal maupun eksternal.

C. MANFAAT KEGIATAN

1. Membantu siswa mengenal lebih dekat dengan lingkungan pendidikan di Sekolah,sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif

2. Mendorong siswa untuk bersikap proaktif dalam mengenali para guru, tenaga kependidikan dan kakak-kakak kelasnya, sehingga peserta Masa Ta’aruf Siswa bisa merasa lebih aman berada bersama mereka.

3. Membantu  siswa  beradaptasi  dan   menyatu  dengan   warga  sekolah  dan lingkungansekolah.

D. WAKTU DAN PELAKSANAAN KEGIATAN

adapun   waktu   dan   tempat   pelaksanaan   Kegiatan   Masa   Ta’aruf   Siswa   yang   akan dilaksanakan pada tanggal 17-20 Juli 2023, hari Senin s/d Kamis. Yang bertempatkan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Pondok Gede.


Komentar

Postingan Populer