Kegiatan Skrining Dan BIAS Kesehatan MI Al-Ikhlas Pondok Gede, Upaya Peningkatan Kesehatan Anak Indonesia

Kegiatan Skrining Dan BIAS Kesehatan MI Al-Ikhlas Pondok Gede, Upaya Peningkatan Kesehatan Anak Indonesia



    MI Al-Ikhlas (Pondok Gede). Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Skrining) adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

    Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) adalah salah satu bentuk kegiatan operasional dari imunisasi lanjutan untuk anak sekolah, Dasar Kebijakan Program Imunisasi di Daerah Bekasi adalah: 1) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017, Tentang Penyelenggaraan Imunisasi, bahwa Pemerintah wajib memberikan imunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak, 2) UU Kesehatan No. 36 Tahun 2009 yang berbunyi bahwa setiap anak berhak memperoleh imunisasi dasar sesuai dengan ketentuan untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi.

    MI Al-Ikhkas Pondok Gede bekerja sama dengan Puskesmas Jatimakmur dalam pelaksanaan skrining dan BIAS.. Hasil dari skrining dan BIAS yang dilakukan dari kelas 1 hingga kelas 6. Kegiatan skrining kesehatan dan BIAS dilaksanakan pada hari Selasa, 24 Agustus 2023, mulai pukul 08.00 s.d. 14.00 di ruang guru. Kegiatan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan siswa dalam kondisi sehat. Kegiatan diawali dengan skrining (pemeriksaan tinggi badan, berat badan, rambut, kulit, kuku, kesehatan mata, telinga, gigi, dan mulut). Skrining  diawali dari kelas 1 sampai kelas 6. Setelah skrining kemudian dilakukan imunisasi.

    Di akhir kegiatan, tim dari sekolah dan tenaga kesehatan menyampaikan ada beberapa siswa yang belum mengikuti skrining dan imunisasi. Kesan dari puskesmas adalah kegiatan berjalan dengan lancar. Saran dari  puskesmas adalah agar memotivasi siswa yang belum melakukan pengisian data kuesioner melalui webscreen untuk segera melakukan pengisian. Siswa  yang belum  divaksin akan dirujuk ke Puskesmas Jatimakmur.








#Jaga prokes. #Tetap sehat dan semangat.


Komentar

Postingan Populer